RSS

Project Minescape

1 project minescape
Di dalam suatu project, data tambang yang saling berhubungan dikelompokkan sedemikian rupa sehingga dapat digunakan secara efektif, dimanipulasi dan dianalisis. Diharapkan, suatu project akan sesuai dengan operasi site tambang atau prospek eksplorasi. Semua pekerjaan di dalam Minescape harus dikerjakan di dalam suatu project.Minescape session memungkinkan hanya satu project untuk dibuka pada satu waktu tertentu. Project tersebut disebut sebagai current project dan ditampilkan dalam Title Bar dari GTI window.Setiap project memiliki directory terpisah yang dikenal sebagai directory project. Directory tersebut terdiri dari struktur directory yang telah ditentukan sebelumnya untuk informasi Minescape (yaitu: data, log files, laporan, dan sebagainya.) dan secara otomatis dibuat dalam rangkaian pembuatan project.

1.1 Memulai Sebuah Project
Untuk memulai sebuah project Minescape, pilih shortcut Minescape dari Dekstop. Form berikut akan ditampilkan:
 
Project MineScape

Jika anda sudah mempunyai project Minescape sebelumnya maka pilih nama projects anda pada bagian Project Name, dengan cara klik pull-down (tanda segitiga hitam) kemudian pilih jenis Application yang ingin dibuka. Jika anda akan membuat projects Minescape baru maka pilih tab Create Project. Setelah meng-klik Create Project maka form Initial Setup Project akan ditampilkan seperti pada contoh berikut :
 
Project MineScape
 
Project Panel
• Name. Nama project.
• Description. Keterangan dari project.
• Project Path. Tempat penyimpanan direktory project anda. Misalnya, project anda akan disimpan dibawah direktory D:\projects. Jika anda ingin menamakan project dengan nama tutorial, maka pada field Project Path ketikkan D:\projects\tutorial dan secara otomatis pada field Name akan tercantum tutorial.

Spatial Orientation Panel
• Origin easting, northing dan Elevation. Koordinat origin untuk easting, northing dan elevasi dari project anda, dimana koordinat ini merupakan pusat dari project.
• Quadran. Masukkan NE (Quadran 1).

Current Unit Panel
• Category. Nama unit category yang disediakan oleh Minescape.
• Current unit. Satuan unit dari masing-masing category. Anda dapat mengubah satuan unit dengan cara klik kiri dua kali pada field current unit pada masing-masing category sampai menu pull-down ditampilkan (tanda segitiga hitam) kemudian klik menu pull-down dan pilih satuan unit yang anda inginkan.
• Decimal place. Jumlah angka desimal dibelakang koma. Anda dapat mengubah angka decimal dengan cara klik kiri pada field Decimal Place kemudian ketikkan angka desimal yang anda inginkan.
• Update. Jika anda mengubah current unit atau decimal place maka secara otomatis pada field Update akan diisi Yes. Jika anda tidak mengubah current unit atau decimal place maka secara otomatis pada field Update akan diisi No.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: