RSS

Grid File

1. Grid File
Grid file merupakan jenis file khusus untuk menyimpan data regular pada lokasi X, Y, dan Z tertentu. Data yang umum disimpan berupa surface (roof, floor) dan interval. Grid mempunyai beberapa komponen seperti grid cell yang diatur dalam baris-baris horisontal (rows) dan kolom-kolom vertikal (columns) serta dipisahkan oleh garis-garis grid (grid lines) horisontal dan vertikal. Titik persilangan antara garis-garis horisontal dan vertikal disebut nodes. Komponen-komponen grid :
 
Grid File
 
Grid-grid menyimpan data spatial pada grid node dalam form biasa,. Nilai grid dibuat oleh interpolasi data original ke dalam jaringan grid node. Data grid file yang dimasukkan dalam jarak datar memungkinannya cepat diakses oleh minescape. Bagaimanapun juga, beberapa resolusi mungkin hilang pada saat menggunakan grid.

Data atau grid value dibuat sebagai suatu hasil interpolasi dari data asli kemudian disimpan kedalam grid node. Penyimpanan data yang teratur dalam grid menyebabkan grid sangat cepat diakses, akan tetapi resolusinya bisa hilang.

Posisi dari grid ditentukan oleh originnya dan orientasi grid ditentukan oleh rotasinya. Origin grid ditentukan letaknya pada bagian sudut kiri bawah dari daerah yang digrid. Rotasi ditentukan sebagai perbedaan sudut antara grid dengan sumbu X, dimana nilai positif berlawanan dengan arah jarum jam dari sumbu X.
Grid cell selalu kubus dimana ukurannya ditentukan dalam meter, feet dan sebagainya tergantung pengaturan initial setup project. Jumlah baris dan kolom dalam suatu grid tidak perlu sama.
 
1.1 Konsep Grid
Jumlah baris dan kolom dalam sebuah grid tidak perlu selalu sama. Sebagai contoh, sebuah grid yang terdiri dari 70 baris dan 38 kolom dapat dibuat. Grid cell selalu berbentuk persegi. Lebar grid cell ditentukan oleh current LENGTH units. Ukuran maksimum sebuah grid tergantung kapasitas disk yang ada.

1.1.1 Konsep Subgrid
Grid dapat diputar agar sesuai dengan data yang dimasukkan dan memiliki bentuk subgrids yang tumpang tindih (overlapping) dengan ukuran cell berbeda dengan grid utama. Subgrid ini terbentuk di dalam (atau di luar) suatu area yang dibatasi atau pada domain polygon.
 
Grid File


1.2  Membuat Grid File
Sebelum membuat grid file anda sebaiknya membuat s heet specification untuk memudahkan penentuan batas area yang akan di grid dan membuat grid specification untuk menentukan cell size, rotation serta maximum value pada tiap node.
 
1..2.1 Membuat sheet Specification
Untuk membuat sheet specification gunakan menu berikut:
Minescape Explorer>Specs>Create>Category>Sheet  
Sebuah form akan ditampilkan dan lengkapi seperti berikut:
 
Grid File
 
Sheet Panel
• Name. Nama sheet yang akan dibuat.

Limits Panel
• North, East, West dan South. Koordinat north, east, west dan south dari sheet. Koordinat tersebut dapat anda ketikkan langsung atau anda dapat pick dari polygon rectangle dengan memilih tombol pick from element dan secara otomatis koordinatnya akan ditampilkan (polygon rectangle harus dibuat terlebih dahulu dimana polygon tersebut merupakan batas daerah dari sheet yang akan dibuat).
Pilih OK atau Apply.
Atau
Anda dapat membuat sheet specification pada setiap form dimana ada field Sheet kemudian klik kanan pada field tersebut dan pilih create.

1.2.2 Membuat Grid Specification
Untuk membuat grid specification gunakan menu berikut:
Minescape Explorer>Specs>Create>Category>Gridspec
Sebuah form akan ditampilkan dan lengkapi seperti berikut:
 
Grid File
 
Grid spec dibuat dengan cara mengis Cell Size pada form di atas, kemudian memilih Sheet name yang dibuat sebelumnya menggunakan full down list. Field lain yang perlu diisi adalah Rotation of Grid dan maximum Number of Values at Grid Node.

Source Sheet Spec Panel
• Sheet name. Nama sheet yang akan digunakan.

Grid Spec Panel
• Name. Nama spesifikasi grid yang akan dibuat.

Definition Panel
• X origin of grid dan Y origin of grid. Koordinat origin untuk easting dan northing. Koordinat tersebut secara otomatis akan ditampilkan jika field sheet name sudah diisi.
• Row in grid dan Columns of grid. Jumlah baris dan kolom dalam grid. Angka tersebut akan otomatis terisi setelah anda mengisi field cell size.
• Cell size. Ukuran dari grid cell.
• Rotation of grid. Rotasi dari grid.
• Maximum number of values at grid node. Jumlah maksimum value pada tiap grid node. Minescape dapat menyimpan hingga 400 value dalam setiap grid node.

Information Panel
• Node count. Jumlah node yang dibuat berdasarkan definisi di atas.
• Grid Length dan Grid width. Panjang dan lebar grid yang dibuat berdasarkan definisi di atas.
Pilih OK atau Apply

Atau
Anda dapat membuat grid specification pada form apa saja dimana terdapat field Grid Specification dengan cara klik kanan pada field tersebut kemudian pilih Create.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: