RSS

Tanah Lempung (tanah Liat)

25 Nov

Lempung atau tanah liat ialah kata umum untuk partikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter kurang dari 4 mikrometer. Lempung mengandung leburan silika dan/atau aluminium yang halus. Unsur-unsur ini, silikon, oksigen, dan aluminum adalah unsur yang paling banyak menyusun kerak bumi. Lempung terbentuk dari proses pelapukan batuan silika oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari aktivitas panas bumi.

Lempung membentuk gumpalan keras saat kering dan lengket apabila basah terkena air. Sifat ini ditentukan oleh jenis mineral lempung yang mendominasinya. Mineral lempung digolongkan berdasarkan susunan lapisan oksida silikon dan oksida aluminium yang membentuk kristalnya. Golongan 1:1 memiliki lapisan satu oksida silikon dan satu oksida aluminium, sementara golongan 2:1 memiliki dua lapis golongan oksida silikon dan satu lapis oksida aluminium. Mineral lempung golongan 2:1 memiliki sifat elastis yang kuat, menyusut saat kering dan membesar saat basah. Karena perilaku inilah beberapa jenis tanah dapat membentuk kerutan-kerutan atau “pecah-pecah” bila kering.

Tanah liat dibedakan dari lainnya halus tanah oleh perbedaan dalam ukuran dan mineralogi. Silts , yang halus tanah yang tidak termasuk mineral lempung, cenderung memiliki ukuran partikel lebih besar dari tanah liat, tetapi ada beberapa tumpang tindih di kedua ukuran partikel dan sifat fisik lainnya, dan ada banyak deposito alami yang meliputi silts dan juga tanah liat. Perbedaan antara lumpur dan tanah liat bervariasi dengan disiplin. Geolog dan ilmuwan tanah biasanya mempertimbangkan pemisahan terjadi pada ukuran partikel dari 2 pm (tanah liat halus yang dari silts), sedimentologists sering menggunakan pM 4-5, dan koloid kimia menggunakan 1 pM. insinyur Geoteknik membedakan antara silts dan tanah liat berdasarkan sifat plastisitas tanah, yang diukur dengan tanah ‘ Batas Atterberg . ISO 14688 partikel tanah liat sebagai nilai lebih kecil dari 2 pM dan silts lebih besar.

Clay adalah istilah umum termasuk banyak kombinasi satu atau lebih mineral lempung dengan jejak oksida logam dan bahan organik. liat geologi deposito sebagian besar terdiri dari mineral phyllosilicate mengandung sejumlah variabel air terperangkap dalam struktur mineral.

Tanah liat dihasilkan oleh alam, yang bersal dari pelapukan kerak bumi yang sebagian besar  tersusun oleh batuan feldspatik, terdiri dari batuan granit dan batuan beku. Kerak bumi terdiri dari unsur unsur seperti silikon, oksigen, dan aluminium. Aktivitas panas bumi membuat pelapukan batuan silika oleh asam karbonat. kemudian membentuk terjadinya tanah liat.

 

Tanah Liat atau tanah lempung memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Tanahnya sulit menyerap air sehingga tidak cocok untuk dijadikan lahan pertanian.
  2. Tekstur tanahnya cenderung lengket bila dalam keadaan basah dan kuat menyatu antara butiran tanah yang satu dengan lainnya.
  3. Dalam keadaan kering, butiran tanahnya terpecah-pecah secara halus.
  4. Merupakan bahan baku pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya yang dalam pembuatannya harus dibakar dengan suhu di atas 10000C.

 

Download Full version makalah
atau
Makalah lainnya Disini

 
Leave a comment

Posted by on November 25, 2012 in Bahan Galian Industri

 

Tags: , , , , ,

Leave a comment