RSS

Data Drill Hole

3. Data Drill Hole
Data drill hole yang dimasukkan ke dalam project Stratmodel akan disimpan dalam sebuah design file sebagai graphical object yang terdiri dari nama seam, kedalaman dan sebagainya. Oleh karena itu data drill hole akan mempunyai atribut tampilan grafis seperti warna, jenis garis dan sebagainya untuk setiap unit yang terdapat di dalam drill holes.

3.1 Format Data
Data survey drill hole dapat diinput bersamaan dengan data lithology. Seperti dijelaskan dalam Bab 1 Pendahuluan, bagian Persiapan Pemodelan.
Data survey dan lithology bisa dimasukkan berdasarkan format standard atau format yang ditentukan sendiri. Pada latihan ini data survey (untuk drill hole vertical) dan lithology telah disediakan dalam format yang ditentukan sendiri, oleh karena itu agar dapat dimasukkan kedalam Stratmodel harus dibuat terlebih dahulu spesifikasi untuk format data tersebut. Untuk data survey pemboran miring (inclined) data yang disiapkan disesuaikan dengan format standard yang ada, yaitu inclined_d.
Berikut ini adalah prosedur bagaimana membuat spesifikasi format data survey (untuk drillhole vertikal) dan lithology.

3.1.1 Membuat Spesifikasi Format Data Survey
minescape EXPLORER>SPECS>DRILLSURVFORMAT>CREATE


Data Drill Hole
Pada prinsipnya membuat format data didalam startmodel adalah menentukan format kolom-kolom yang diinput meliputi jenis kolom, posisi kolom dan lebar kolom. Format kolom terdiri dua jenis, yaitu:
Fixed, Posisi kolom ditentukan pada posisi awal karakter di cell karakter, sedangkan lebar kolom ditentukan dengan jumlah cell karakter. Sebagai contoh posisi start 1 (karakter pertama dari kolom ada di posisi cell karakter pertama), length 10 (lebar 10 cell karakter). Untuk jenis fixed format nama kolom yang diinput harus di tick (ditandai).

Non-Fixed, posisi ditentukan berdasarkan urutan dan pemisahan spasi (space delimited), sedangkan lebar kolom tergantung jumlah maksimum karakter dari data. Sebagai contoh posisi start 1 (mulai dari karakter 1) dan token 2 (urutan pengambilan/posisi kolom ke dua). Untuk jenis Non-fixed format nama kolom yang diinput tidak di tick (tidak ditandai).

Isilah field-field dari kolom-kolom yang akan diinput saja, misalnya untuk data survey kolom yang diinput adalah Hole Name, Easting, Northing, Elevation dan Depth. Field-field lainnya bersifat optional atau dapat ditentukan jika terdapat pada sumber data atau diperlukan. Penjelasan tentang data lainnya dapat dibaca pada lampiran A Format Data.

3.1.2 Membuat Spesifikasi Format Data Lithologi
MINESCAPE EXPLORER>SPECS>DRILLLITHFORMAT>CREATE

 
Data Drill Hole
 
Isilah field-field dari kolom-kolom yang akan diinput saja, misalnya untuk data lithology kolom yang diinput adalah Hole Name, Topo Depth, base Depth, dan Stratigraphic Unit. Field-field lainnya bersifat optional atau dapat ditentukan jika terdapat pada sumber data atau diperlukan. Penjelasan tentang data lainnya dapat dibaca pada lampiran A Format Data.

3.2 Memasukkan Data Drill Hole
Jika format data sudah dibuat, maka data drill holes dari file ASCII dapat mulai dimasukkan. Untuk memasukan file ASCII data drill hole pilih menu:
DRILLHOLES>IMPORT
 
Data Drill Hole
 
Panel Input
Masukkan nama file ASCII survey dan lithology pada field yang disediakan.
Panel Output
Masukkan nama output design file dan layer dimana data drill hole akan disimpan.
Masukkan nama output report untuk survey dan lithology pada field-field yang disediakan.
Panel Controls
Pilih nama spesifikasi format survey dan lithology yang telah dibuat sebelumnya, yaitu dh_surv dan dh_lith untuk drillhole vertikal dan inclined_d dan dh_lith untuk drillhole miring. Pilih Replace Drill Holes dan Replace
Stratigraphic Unit. Load Schema Unit dapat dipilih jika unit-unit yang ingin dinput hanya yang terdaftar atau didefinisikan pada schema saja.
Tampilan warna grafis dari drill hole dan not loged juga bisa ditentukan dengan memilih satu display definition warna dari daftar pulldown.

Data drill hole yang dimasukkan ke dalam project Stratmodel akan disimpan dalam sebuah design file. Jika anda mempunyai file Data drill hole lebih dari satu baik untuk survey maupun lithology, maka data tersebut dapat disimpan dalam satu layer atau lebih, tapi tetap dalam satu design file. Keuntungan menyimpan data drill hole dalam beberapa layer yang berbeda adalah cukup banyak, diantaranya menyimpan data pemboran quality (lubang bore core) dalam layer yang berbeda dengan data drill hole lainnya. Selain itu misalnya terdapat data pemboran yang baru dan belum diperiksa, maka data tersebut dapat dimasukkan kedalam layer yang lain terlebih dahulu untuk divalidasi, jika sudah benar kemudian dapat dipindahkan pada layer dimana data drill hole lama disimpan.

3.3 Membuat Data Drill Hole Melalui Stratmodel
Selain diimport data drill hole dapat pula dimasukkan secara manual satu persatu melalui Stratmodel, tentu saja ini hanya dilakukan jika data yang diinput hanya sedikt, untuk data yang banyak lebih efektif melalui fasilitas import.
Untuk membuat data drill hole dapat dilakukan melalui menu:
DRILLHOLES>CREATE
 
Data Drill Hole
Data Drill Hole
 
Semua data harus diketikkan secara manual pada field-field yang telah disediakan sperti nama drill hole, nama layer, easting, northing, elvation dan sebagainya.

3.4 Mengedit Drill Hole
Data drill hole yang telah dimasukkan kedalam project dapat diedit melalui menu:
DRILLHOLES>EDIT

Data Drill Hole
 
Pada form yang ditampilkan pilih nama drill hole yang ingin diedit pada field name, kemudian ganti nilai-nilai yang diinginkan pada field-field yang ada.

3.5 Mengeluarkan Data Drill Hole
Data drill hole yang ada didalam project baik survey maupun lithology dapat dikeluarkan kedalam file ASCII dan disimpan dalam folder <project>\data. Hal ini akan berguna jika data yang ada didalam drill hole telah diedit dan divalidasi dan dikeluarkan untuk mengganti file yang sebelumnya.
Untuk mengeluarkan data drill hole dapat dilakukan melalui menu:
DRILHOLES – EXPORT
 
Data Drill Hole
 
Panel – Input
Pilih nama design file dan layer dimana data drill hole disimpan.
Panel – Output
Tandai data yang dikeluarkan (survey dan lithology), kemudian ketikan ouput file ASCII untuk survey dan lithology. Jangan pilih fiel Append jika anda ingin mengganti file yang telah ada. Pilih Append jika ingin menambahkan data kedalam file yang sudah ada.
Panel Controls
Pilih format untuk output file yang diinginkan atau telah dibuat sebelumnya.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,273 other followers

%d bloggers like this: