RSS

Evaluasi Cadangan

2. Evaluasi Cadangan
Evaluasi cadangan adalah bagian penting dalam perencanaan tambang sebagai langkah awal untuk proses berikutnya yaitu penjadwalan produksi. Proses evaluasi cadangan mencakup persiapan pembuatan desain strip, perhitungan cadangan dan evaluasi berdasarkan parameter ekonomis.
Hasil dari evaluasi mencakup kuantitas dan kualitas cadangan tertambang serta penentuan batas pit akhir.
Sebelum evaluasi cadangan dilakukan, maka persiapan pembuatan desain strip harus dilakukan seprti dijelas pada bagian selanjutnya.
2.1 Desain Strip
Pembuatan desain strip dibuat dengan tujuan membuat suatu rangkaian blok 3D yang mewakili geometris blok-blok tambang yang ditentukan dengan mempertimbangkan factor-faktor geoteknik, kemampuan alat, keamanan dan kemudahan operasional.
Sebagai contoh suatu geometris tambang ditentukan dengan panjang 100 meter dan lebar 50 meter (faktor kemampuan alat dan kemudahan) serta kemiringan lereng overall 45 (faktor geoteknis dan keamanan).
Pembuatan desain strip dalam minescape didasarkan pada penggunaan Batter Blocks dan Solids.
Batter blocks adalah suatu string poligon yang mempunyai identifikasi nama dan dengan spesikasi side definition yang diberlakukkan pada setiap segmen polygon tersebut.
Solids adalah suatu object 3D yang terdiri dari suatu rangkaian polygon yang saling berpotongan atau disebut ‘faces’ yang membentuk dan menutup object tersebut menjadi bentuk blok 3D. Solid dibuat dengan cara memproyeksikan batter block terhadap suatu surface atau suatu bench tertentu.
Batter blocks dan solids adalah suatu database objects yang hanya dapat disimpan di dalam design file blocks dgn Spesifikasi Side Definitions harus dibuat terlebih dahulu sebelum batter blocks dibuat.
2.1.1 Side Definition
Side definition adalah suatu spesifikasi yang mengatur nilai Sudut Batter (angle) dan Jarak Offset (distance) yang diberlakukan pada setiap segmen suatu batter block. Sudut batter dan jarak offset diberlakukan pada saat batter block diproyeksikan menjadi solid.
Gambar 1-1: Side definition
Evaluasi Cadangan
Gambar 2–2: Gambaran start dan end batter/offset yang berlaku pada salah satu sisi batter block.
Evaluasi Cadangan
Sudut batter dan jarak offset dari suatu sisi batter block harus ditentukan nilainya pada sisi awal dan akhirnya. Nilai awal dan akhir ini akan mempengaruhi perubahan sudut batter dan jarak offset sepanjang sisi dari sebuah batter block. Besar sudut batter dan jarak offset tersebut dapat ditentukan sama atau berbeda.

Side definition diakses melalui namanya dan diberlakukan pada setiap sisi batter block. Side definition yang berbeda-beda dapat diberlakukan terhadap suatu batter block. Side definition dibuat melalui:
Menu: Minescape Explorer>Side Definitions>Create
Evaluasi Cadangan 
 
Panel Input
• Side Defnition. Nama side definition yang akan dibuat.
• Display Definition. Nama display definition yang digunakan untuk mengatur penampilan grafis dari side definition.

Catatan: Display definition sangat penting untuk diisi, karena akan digunakan untuk memberi warna segmen-segmen dari pit desain yang telah di-‘tag’ dengan definisi yang ditentukan. Juga jika annotation di ‘on’ kan, maka setiap elemen yang telah di ‘tag’ akan menampilkan nama definisi yang digunakan pada segmen tersebut.

Panel Side Definition Angles
• Start/End Angle Expression. Besar sudut batter dapat ditentukan sebagai suatu MXL expression berupa konstanta seperti misalnya 45 (derajat) atau expression condition seperti pada contoh diatas. MXL expression tersebut berarti terdapat dua kondisi yang berbeda, yaitu jika pada kondisi dengan Label ‘A’, maka sudut batter yang berlaku adalah 70, sedangkan jika tanpa label ‘A’, maka besar sudut adalah 45. Start dan End dari sudut batter dapat didefinisikan sama atau berbeda.
2.1.2 Batter Block
Batter block adalah poligon yang diberi nama dan mempunyai side definition pada setiap segmennya.
Batter block dapat dibuat melalui Minescape Explorer atau CAD.
1. Melalui Minescape Explorer
− Memasukkan batter block dari data ASCII menngunakan perintah BLOCKS-IMPORT.
− Memasukkan koordinat dan side definition dari batter block secara manual dalam form input menggunakan perintah BLOCKS-CREATE.
2. Melalui CAD
− Merubah poligon biasa yang telah ada dalam design file menjadi batter block menggunakan perintah STRIP_DESIGN-TAG DESIGN SEGMENT
Membuat batter block melalui CAD harus dilakukan pada design file blocks.
Dibawah ini adalah adalah contoh membuat batter block melalui CAD
Menu: Strip_Design>Tag Design Segment

Evaluasi Cadangan 
 
Pada field Type of Tag Point anda dapat memilih jenis Sidewall agar dapat mengakses nama side definition pada bagian berikutnya. Jenis tag point lainnya seperti Constant Berm Ramp dan sebagainya, berkaitan dengan dengan nama definisi ramp yang akan dijelaskan pada bagian Desain Ramp.
Pada field Side Definition anda dapat memilih nama salah satu side definition yang telah dibuat sebelumnya, misalnya HW45.
Inverted side, jika dipilih akan berfungsi membuat kebalikan dari nilai side definition yang berlaku. Misalnya jika anda memilih side definition bernama HW45 yang mempunyai nilai sudut batter 45, maka jika inverted side dipilih kebalikan dari nama side definition akan belaku, yaitu –HW45 atau batter angle –45.
Clear all tag, dipilih jika anda ingin menghilangkan semua side definition yang telah dibelakukan pada batter block.


2.1.3 Membuat Desain Strips dari Batter Block
Design Strip berupa batter block dapat dibuat melalui dua cara:
3. Menu: Strip_Design>Generate Strips
4. Menu: Strip_Design>Convert Elements


2.1.3.1 Melalui Fungsi Generate Strips
Design strip dibuat berdasarkan kontruksi suatu garis awal (start) dan akhir (finish) yang kemudian akan dibatasi oleh suatu poligon batas. Oleh karena itu sebelum membuat strip anda terlebih dahulu harus membuat kontruksi dari garis awal dan akhir serta batas poligon didalam CAD. Kontruksi strip umumnya dibuat sesuai dengan perkiraan batas pit yang biasanya dibatasi oleh subcrop, perkiraan batas final highwall dan endwall. seperti pada contoh dibawah ini.
Gambar 2–3: Gambar konstruksi untuk pembuatan strip.

Evaluasi Cadangan

Bila konstruksi untuk design strip sudah selesai anda kemudian dapat memilih menu di atas.
 
Evaluasi Cadangan
 
Tab – Main
Panel Input

• Pick a Start line. Berfungsi untuk memilih elemen garis awal.
• Pick an End line. Berfungsi untuk memilih elemen garis akhir.
• Number of Strip. Jika dipilih, maka strip
• Optionally Boundary polygon. Berfungsi untuk memilih elemen poligon batas. Batas poligon ini bersifat optional anda dapat memasukkannya sebagai batas strip yang akan dibuat atau tidak. Umumnya dilakukan jika strip yang dibuat ingin mempunyai batas sesuai yang diinginkan misalnya pada daerah subcrop atau batas endwall. Pada contoh pembuatan strip ini poligon batas tidak digunakan/dipilih, sehingga field ini tidak dipilih.


Panel Output
• Design file. Nama output design file. Jika anda memilih output element type sebagai polygons, maka strip akan disimpan secara otomatis dalam design file Blocks atau jika anda memilih output element type sebagai lines maka anda dapat memilih design file lain selain blocks.


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,273 other followers

%d bloggers like this: