RSS

Soal Latihan Ekonomi Teknik I

27 Nov

CONTOH SOAL :

Contoh 2.1 (Kasus bunga sederhana)

Seseorang mendepositokan uang sebesar Rp 10 juta di bank dengan bunga sederhana sebesar 10% per tahun selama 5 tahun. Berapa uang yang diterima pada saat jatuh tempo deposito (akhir tahun ke 5)?.

 

Contoh 2.2 (Bunga Majemuk)

Seorang mendepositokan uang sebesar Rp 10.000.000 di bank dengan bunga majemuk sebesar 10% per tahun selama 5 tahun. Berapa uang yang diterima pada saat jatuh tempo deposito (akhir tahun ke 5)?.

 

Contoh 2.3 (Mencari F bila diketahui P)

Seseorang meminjam uang di bank sejumlah Rp 20 juta dengan bunga 15% per tahun dan akan dikembalikan sekali dalam 5 tahun mendatang. Hitunglah uang yang harus dibayar.

 

Contoh 2.4 (Mencari P bila diketahui F)

Hitunglah berapa uang yang harus didepositokan pada saat ini agar pada 3 tahun mendatang diperoleh Rp 10 juta bila diketahui tingkat bunga yang berlaku 10%.

 

Contoh 2.5 (Mencari F bila diketahui A)

Jika kita menabung sejumlah Rp 10 juta per tahun selama 5 tahun dengan tingkat bunga 10 % per tahun, maka berapa tabungan tersebut pada akhir tahun ke 5?

 

Contoh 2.6 (Mencari A bila diketahui F)

Jika kita mengharapkan mempunyai tabungan sebesar Rp 100 juta pada akhir tahun ke 10, dengan tingkat bunga 10 % per tahun, maka berapa tabungan yang harus kita lakukan tiap tahun?

 

Contoh 2.7 (Mencari P bila diketahui A)

Noel berencana membeli rumah. Jika pembelian dilakukan dengan cara kredit, diperlukan uang muka Rp 80 juta dan angsuran sebesar Rp 10 juta per bulan selama 60 bulan. Bila bunga yang berlaku adalah 1% per bulan, berapa nilai saat ini uang yang dipergunakan Noel untuk membeli rumah tersebut?

 

Contoh 2.8 (Mencari A bila diketahui P)

Noel berencana membeli rumah yang harganya saat ini adalah Rp 300 juta.  Pembelian akan dilakukan secara kredit selama 10 tahun, dan akan dibayar per bulan dengan jumlah angsuran yang sama tiap bulan. Jumlah maksimum yang diijinkan untuk diangsur adalah 70% dari harga rumah. Bila bunga yang berlaku adalah 1% per bulan, berapa besaran angsuran yang harus dibayar Noel tiap bulan?

 

Contoh 2.9 (Deret Gradien Aritmatik)

Noel berharap dari investasinya akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp 50 juta pada akhir tahun pertama, Rp 60 juta pada akhir tahun kedua, Rp 70 juta pada akhir tahun ketiga, seterusnya bertambah Rp 10 per tahun sampai dengan tahun ke 10. Pada tingkat bunga 10%, hitunglah :

  1. Nilai yang akan datang keuntungan yang akan diperoleh.
  2. Nilai saat ini keuntungan yang akan diperoleh.
  3. Nilai tahunan keuntungan yang akan diperoleh.

 

Untuk Melihat Solusinya silahkan download disini gan

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on November 27, 2012 in Ekonomi Teknik

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,273 other followers

%d bloggers like this: